FC Barcelona Bakal didepak dari La Liga?

FC Barcelona saat ini sama sekali tidak bisa dikatakan hanya memiliki peran sebagai penonton yang netral tentang pertanyaan soal kemerdekaan Katalonia yang terjadi di beberapa tahun terakhir ini. klub tersebut sudah mengaitkan dengan tegas warna mereka bakal ke pilar gerakan yang manakah, yang merencanakan referendum kemerdekaan Katalonia tanggal 1 Oktober esok. Ini lah sebuah referendum yang mana dinyatakan illegal oleh pemerintahan pusat yang ada di Madrid.

Garis Abu-Abu FC Barcelona

Namun sekali lagi, posisi dari FC Barcelona bahkan sampai sekarang masih menimbulka suatu pertanyaan yang mana lebih mendesak seiring dengan situasai dan kondisin yang mana sekarang ini makin panas saja. Bahkan saat ini sudah dikerahkan polisi Garda Sipil yang digunakan untuk mengangkapi tokoh-tokoh separatis serta untuk menyita bahan-bahan persiapan dari referendum.

Akankah Katalonia yang mana merdeka bakal membuat kejuaraan La Liga Spanyol mendepak salah satu klub sepak bola yang paling bergengsi tersebut?

Dan bagaimanakah juga dengan nasip penggemar pertandingan klasik El Clasico yang sudah sangat terkenal di seluruh belahan dunia antara Barcelona dan juga seteru paling hebatnya, Real Madrid? Mereka menciptakan sebuah pertarungan yang mana sejauh ini bisa menempatkan keunggulan Madrid dengan jumlah kemenangan 95 kali sementara itu Barcelona hanya bisa memberikan sebanyak 91 kemenangan saja?

Mereka yang mana sejatinya bertanggungjawab di FC Barcelona memang bersikeras bahwa mereka bukanlah politikus. Mereka menegaskan bahwa klub tak memiliki posisi guna memilih “YA” untuk kemerdekaan ataupun juga memilih liga mana yang akan mereka ikuti seandainya Katalonia memisahkan diri mereka dari Spanyol.

Akan tetapi pada tahun 2014, FC Barcelona sendiri telah bergabung dengan Pakta Nasional guna memutuskan sebuah wadah yang mana terdiri dari beberapa partai politik dan juga ormas (organisasi masyarakat) sipil yang mana mereka mendukung adanya referendum kemerdekaan untuk Katalonia.

Dan Garda Sipil, pada hari Rabu (27/9) kemarin menangkap pejabat pemerintahan Catalan. Dan klub akhirnya mengeluarkan sebuah statement politik yang mana dianggap paling terang-terangan selama ini dengan mengatakan bahwa mereka membela. Mereka mengatakan bahwa demokrasi, penentuan nasip sendiri dan kebebasan berbicara harus dibela.

Terkesan Membela: Bagaimana Tanggapan Barca Soal El Clasico?

Apa saja yang terjadi selama beberapa minggu serta beberapa bulan ke depan, klub tersebut nampaknya sudah yakin bahwasanya mereka bakal selalu bisa memilih di liga mana mereka akan ikut dan bermain.bahkan apabila warga Katalan memilih meninggalkan Spanyol, maka Barcelona sangat percaya Spanyol tidak akan pernah mau berhenti untuk menyaksikan El Clasico.

“Kami bakal tetap berada di liga yang sama dengan Espanyol,” ungkap Carles Villarubi, Wakil Presiden FC Barcelona. Pada awal bulan ini, memang mengacu pada klub kedua di Barcelona itu, Espanyol, akan tetapi penggemarnya dianggap memihak Spanyol. Akan tetapi, Javer Tebas, selaku presiden dari Liga Sepak Bola Profesional Spanyol yang mana mengelola La Liga Spanyol malah mengeluarkan suatu pernyataan yang dianggap serangan balik. Ia mengatakan, “Apabila terjadi proses kemerdekaan di Katalonia, maka Barcelona tak bisa memilih di mana kah mereka akan bermain.”

Nampak sekali bahwa tidak banyak orang yang memiliki keinginan sebuah liga nasional Katalan yang mana didominasi oleh satu satu klub yang paling besar di dunia. Bisa membayangkan Lionel Messi berhadapan dengan pemain-pemain belakang klub togel singapura yang mana mereka adalah semiprofessional Katalan di tiap hari Minggu? Nampaknya gambaran itu sulit dibayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *