Tembus 4 Juta Penonton, WARKOP DKI REBORN 2 Kalah Dari Film Pertama

Tak salah memang jika menyebut WARKOP DKI REBORN sebagai franchise film Indonesia paling menjanjikan saat ini. Sempat sukses bikin gempar di tahun 2016, pihak Falcon Pictures yang memproduksi film inipun melanjutkan di tahun 2017. Dan sama seperti WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS PART 1, sekuelnya berhasil meraih jutaan penonton pula.

 

Resmi dirilis pada 31 Agustus 2017, film yang kembali memasang Abimana Aryasatya sebagai Dono, Vino G Bastian sebagai Kasino dan Tora Sudiro sebagai Indro ini sudah menembus empat juta penonton. Dari data resmi filmindonesia.or.id, sekuel pertama JANGKRIK BOSS ini sudah ditonton sebanyak 4.014.017 penonton di seluruh Indonesia.

 

Masih Kalah Dari Film Pertama

 

Dengan raihan empat juta penonton, WARKOP DKI REBORN 2 berhasil menggeser film Prilly Latuconsina, DANUR: I CAN SEE GHOSTS dari jawara film terlaris tahun 2017 ini. Sebelumnya film horor yang diangkat dari novel karya Risa Saraswati itu menduduki tahta jawara selama lima bulan sejak dirilis pada 30 Maret 2017.

 

Kendati mampu menjadi box office 2017, sebetulnya perolehan WARKOP DKI REBORN 2 masih kalah jauh dibandingkan film perdananya. Sekedar catatan, WARKOP DKI REBORN 1 berhasil dengan mudah menembus enam juta penonton hanya dalam waktu 22 hari tayang. Sementara WARKOP DKI REBORN 2 baru berhasil meraih empat juta penonton jelang 25 hari tayang. Tak heran kalau akhirnya WARKOP DKI REBORN 1 meriah gelar film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang masa.

 

Dilansir Beritagar, performa WARKOP DKI REBORN 2 sebetulnya cukup menjanjikan di awal perilisan. Di mana saat dua hari pemutaran sudah menembus 530 ribu penonton, lebih banyak dari WARKOP DKI REBORN 1 yang cuma ditonton 401 ribu. Hingga akhirnya empat hari pasca tayang, WARKOP DKI REBORN 2 sudah dinikmati 1,75 juta penonton namun jumlah penjualan tiket sedikit melambat di hari-hari berikutnya.

 

Promo Gila di Belasan Kota

 

Kendati sudah mengumpulkan pendapatan kotor lebih dari 120 miliar rupiah, Tora tampaknya tak bisa menyembunyikan rasa kecewa akibat penurunan jumlah penonton.  “Saya menyangkan jumlah (penonton) akan lebih besar. Menurut saya, film kedua lebih lucu dibandingkan dengan yang pertama. Dari hal jokes-nya, lontaran dan ceplosan-ceplosannya itu.”

 

Dikerjakan lewat proses syuting back-to-back, kedua film ini menghabiskan waktu total 40 hari.  Menyadari rekor fantastis perolehan film pertamanya, Falcon sampai melakukan promosi gila-gilaan. Menggelontorkan miliaran rupiah, mereka sampai mengecat bodi sebuah pesawat terbang dengan poster film WARKOP DKI REBORN 2. Pesawat itu sendiri memang jadi alat transportasi para pemain sanadomino dan kru film yang melakukan promo di belasan kota Indonesia.

 

Sedikitnya ada 13 kota besar yang didatangi oleh Abimana dkk untuk melakukan promo sejak film ini dirilis. Beberapa kota itu adalah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Cirebon, Karawang, Yogyakarta, Magelang, Surabaya, Malang, Makassar hingga Bali. Bahkan pada 28 Agustus kemarin, promo gila dilakukan dengan jadwal nonton bareng di lima kota dalam waktu satu hari saja. Kelima kota itu adalah Makassar, Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

 

Meski perolehan jumlah penonton menurun dua juta orang dari film pertama, faktanya JANGKRIK BOSS masih akan jadi salah satu franchise andalan Falcon. Tak heran kalau nanti di tahun 2018, mereka mungkin bakal merilis kelanjutan film Warkop DKI ini. Tinggal ditunggu apakah akan tetap sukses besar atau malah gagal total.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *